Menu Makanan Sehat Sesuai Golongan Darah

Selamat datang kembali di artikel RYB dengan topik kesehatan. Kali ini saya akan menulis tips diet makanan berdasarkan golongan darah dengan judul Menu Makanan Sehat Sesuai Golongan Darah. Sebelumnya perlu diketahui bahwa darah sangat penting kaitannya dengan tubuh kita, karena secara teratur darah berfungsi sebagai pengangkut oksigen dan beragam zat nutrisi dari makanan yang kita cerna.
courtesy image at www.thebreastcaresite.com
Dalam kamus medis hal yang mengenai darah juga terdapat sebutan berawal kata "hemo" atau "haima" berasal dari bahasa Yunani yang berarti darah. Selain menyuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, darah juga mengatur sisa metabolisme tubuh berupa karbondioksisa untuk dikeluarkan melalui paru - paru kemudian ke sistem pernafasan. Selain itu juga memilah zat asing semacam obat - obatan menuju hati. Semua aktivitas darah tersebut didukung dengan detak jantung sebagai alat pemompa.


Nah, setelah sedikit kita mengetahui tentang fungsi darah atau peranannya. Perlu juga diperhatikan pola makan yang baik untuk golongan darah tertentu entah A B AB O. Hal ini bermaksud untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh agar lebih baik. Berikut ini Menu Makanan Sehat Sesuai Golongan Darah serta yang dilarang atau patut dikurangi :


  • Menu Makanan Sehat Golongan Darah O
Bagi Sobat bergolongan darah O maka asam lambung yang dimiliki cukup banyak. Keuntungan dari itu ialah dianjurkan mengkosumsi daging yang banyak mengandung protein dan seimbangkankan dengan sayuran hijau. Namun perlu dihindari atau dikurangi untuk mengkunsumsi jenis biji-bijian atau kacang-kacangan, gandum dan susu karena dapat menghambat hormon tiroid dari zat gluten yang terkandung.

  • Menu Makanan Sehat Golongan Darah A
Bagi yang bergolongan darah A makanan yang baik ialah lebih ke arah vegetarian. Perbanyak mengkonsumi sayur, biji-bijian, kacang-kacangan dan buah kecuali pepaya, manggga dan jeruk karena pemicu diabetes. Untuk olahan daging boleh mengkonsumi ikan laut dengan persentase sedang. Sedangkan untuk jenis makanan yang patut dihindari, mengingat kandungan asam klorida yang rendah untuk golangan darah A,  kurangi makanan berkarbohidrat serta yang mengandung lemak tinggi. Lakukan olah raga secara teratur untuk mengantisipasi lemak dalam tubuh yang berlebih.


  • Menu Makanan Sehat Golongan Darah B
Bisa sedikit lega untuk golongan darah B, karena memiliki ketahanan fisik yang bagus dan dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan hewani dan nabati seperti daging kambing, kelinci, susu rendah lemak, sayur, tahu, tempe dan telur. Itu artinya bisa lebih leluasa dibanding dengan tipe darah lainnya dengan catatan padukan secara seimbang. Meskipun begitu, tidak dipungkiri ada beberapa makanan yang patut ditekan tingkat konsumsinya yaitu ayam sayur, biji wijen, tomat, kacang tanah dan biji-bijian karena kurang baik untuk proses metabolisme tubuh.

  • Menu Makanan Sehat Golongan Darah AB
Perlu dicermati bahwa tipe orang bergolongan darah AB memiliki asam lambung yang rendah. Dalam hal ini kurangi makanan berbahan daging terutama yang berminyak, kepiting, susu, soda dan telur bebek. Sedangkan yang boleh dianjurkan ialah daging kelinci, domba, ikan laut yang kaya akan protein. Sedangkan untuk nabati perbanyak makan sayuran dan teh hijau. Padukan secara seimbang antara makanan hewani dan nabati.

Itulah beragam tentang Menu Makanan Sehat Sesuai Golongan Darah dari O A B AB yang ternyata tidak boleh sembarang mengkonsumsi bahan makan tertentu dan beberapa ditantaranya perlu dihindari atau dikurangi. Tips ini sangat dianjurkan terlebih bagi Sobat yang sedang melakukan diet atau menurunkan berat badan. Semoga ulasan mengenai kesehatan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik RYB lainnya. Terima Kasih.

0 Response to "Menu Makanan Sehat Sesuai Golongan Darah"

Post a Comment

wdcfawqafwef