SERU!! Bikin Subtitle Film Pakai Bahasa Sendiri

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips, trik tutorial mengenai cara bikin atau membuat subtitle film pakai bahasa sendiri. Caranya sangat mudah hanya saja poin penting dalam hal ini Sobat harus sabar dan teliti. Karena untuk hasil alih bahasa yang bagus memerlukan kesabaran dan ketelitian dalam menyesuaikan kalimat, waktu dan tempo di setiap alur percakapan dalam adegan. Kebayakan format subtitle yang umum kita ketahui berbentuk file SRT. Cara ini saya ketahui secara tidak sengaja ketika salah satu file SRT tersebut saya ubah formatnya menjadi TXT dan alhasil dapat dibuka berupa file notepad.
baca juga : Profil dan Biodata Liam Neeson Pemain Film Taken
subtitle bahasa jawa

Itu artinya kita dapat membuat Subtitle kita sendiri hanya dengan bantuan Notepad saja. Sobat bisa membuat dari awal ataupun mengedit yang sudah ada. Jika bosan dengan bahasa formal dan baku maka Sobat secara kreatif silahkan menterjemahkannya sesuai keinginan entah dengan bahasa gaul atau bahasa deerah masing - masing. Wah seru juga tuh kayanya... :D Oke langsung saja berikut ini cara membuat subtitle sendiri dengan notepad :

1. Putar Video/Film yang ingin Sobat buat subtitlenya
2. Buka Notepad pada komputer Sobat lalu ketik dengan format tulisan seperti di bawah ini. 

        Keterangan.
  • Angka 1 satu pada gambar diatas adalah urutan dari kalimat yang akan dibuat.
  • Sedangkan 00:00:00,000 --> 00:00:00,000 maksudnya untuk menentukan awal mula kalimat muncul pada menit keberapa dan dipisahkan dengan tanda --> (panah) di sisi kanan untuk menentukan kalimat berakhir.di menit keberapa. 00:00:00,000(munculnya kalimat) --> 00:00:00,000(berakhirnya kalimat) Isikan waktunya sesuai dalam video/film. Gunakan fitur pause karena akan sangat membantu. Urutan waktu dibaca dari kiri yaitu Jam : Menit : Detik,Sepersekian detik. Lalu tulis kalimatnya tepat dibawahnya sesuai petunjuk gambar diatas kemudian beri jarak enter.
Lakukan hal yang sama untuk dialog selanjutnya secara berurutan. Sedangkan jika Sobat ingin mengedit ulang subtitle yang sudah jadi caranya tinggal ubah saja nama file subtitle di akhiri format txt. Contoh : Annaconda.srt ubah menjadi Annaconda.txt . Kemudian buka filenya dan tinggal ganti saja kalimatnya sesuai keinginan karena untuk urusan waktu dan tempo sudah terseting.

Catatan : Jangan menghapus Credit Title si Pembuat karena untuk menghargai jerih payahnya saat menterjemahkan dari awal.

Langkah terakhir simpan file dengan nama sama seperti pada nama video/film agar subtitle muncul secara otomatis ketika di play. Begitu saja tips dari saya mengenai artikel RYB berjudul SERU!! Bikin Subtitle Film Pakai Bahasa Sendiri. Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika banyak kekurangan dalam penyampaian. Terima kasih.

Cara CEPAT Melihat Spesifikasi Laptop atau Komputer ..>>
Inilah Jenis - Jenis Awan yang Terlihat WOW!! ..>>

0 Response to "SERU!! Bikin Subtitle Film Pakai Bahasa Sendiri"

Post a Comment

wdcfawqafwef