Selain TV, Komputer Juga Bisa diShutdown Otomatis Lho!

Sobat pasti tahu kan kalau TV punya fitur Timer? Fungsinya agar nanti mati secara otomatis dalam waktu yang sudah ditentukan. Sebagai contoh, fitur ini juga sudah efektif selalu diterapkan mereka para pengusaha rental PS. Sebenarnya selain tv, komputer juga bisa dishutdown otomatis lho!


Sekedar berbagi dan menambah pengetahuan Sobat, siapa tahu bisa bermanfaat untuk hari ini atau dikemudian hari. Nah lebih tepatnya, artikel kali ini RYB akan membeberkan tentang tutorial cara mengatur timer pada komputer atau laptop supaya mati secara otomatis. Caranya sangat mudah dan tanpa software tambahan, langsung saja berikut ini langkah demi langkahnya :

1. Pada layar desktop, silahkan Klik Kanan - New - Shortcut. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
cara mengatur timer pada komputer atau laptop supaya mati secara otomatis

2. Kemudian pada kolom ketik Shutdown kemudian klik Next.
cara mengatur timer pada komputer atau laptop supaya mati secara otomatis


3. Kemudian akan muncul kembali dialog dengan pertanyaan, What would you like to name the shortcut? Silahkan Sobat ketik saja Shutdown -s -t 1800 lalu klik Finish. Pada angka 1800 bisa Sobat ganti sesuai keinginan berapa lama waktu yang akan Sobat atur. Dalam hal ini angka tersebut berupa satuan detik, maka pada contoh ini saya setting selama 1800 detik atau sama halnya 30 menit.
cara mengatur timer pada komputer atau laptop supaya mati secara otomatis

4. Setelah langkah diatas, maka akan tercipta program .exe yang tampil di layar desktop bernama Shutdown -s -t 1800 Silahkan tekan Enter atau Double klik saja untuk mengaktifkan timer yang telah Sobat buat. Maka timer otomatis akan berjalan sesuai perintah. Selesai
cara mengatur timer pada komputer atau laptop supaya mati secara otomatis

Program file exe tersebut tidak hanya untuk sekali pakai. Sobat bisa menggunakan di kemudian hari cukup dengan mengaktifkannya saja. Cara ini juga telah saya manfaatkan pada saat men download file berukuran besar menggunakan kuota data jam malam atau pagi.

Berhubung begadang memang tak baik seperti kata Bang Roma, :D saya estimasi saja timer dengan perkiraan lamanya waktu download agar bisa ditinggal tidur. Ya seperti itulah kisahnya hingga saya terinspirasi untuk menulis artikel ini.

Sekian tips RYB mengenai tutorial cara mengatur timer pada komputer atau laptop supaya mati secara otomatis. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan jangan lupa untuk membaca artikel seru RYB lainnya. Terima kasih.

0 Response to "Selain TV, Komputer Juga Bisa diShutdown Otomatis Lho!"

Post a Comment

wdcfawqafwef